DARUL FAQIH MALANG

Website Official Darul Faqih Kota Malang

Avatar

PROFIL PENGASUH

client logos


Faris Khoirul Anam, Lc., M.H.I

Lahir di Lumajang, pada 6 Juni 1981. Menyelesaikan pendidikan formal S- 1 di Universitas al-Ahgaff Hadhramaut Yaman - Fakultas Syari’ah, Jurusan al-Syari’ah wa al-Qanun (2004) dan S-2 di UIN Sunan Ampel Surabaya Jawa Timur - Konsentrasi Syari’ah (2010). Sedangkan pendidikan non-formal ditempuh di Pesantren llmu al- Qur’an (PIQ) Singosari Malang (1993 – 2000) Qubbah Murayyim Li Tahfzih al-Qur’an al-Karim, Hadramaut Yaman.

dual phone
dual phone

Profil Darul Faqih Malang

Darul Faqih berarti rumah ahli fikih. Sementara pengertian fikih secara etimologi lebih luas dari cakupan makna istilahnya. Makna fikih secara istilah ruang lingkupnya lebih sempit, yakni ‘ilmu tentang hukum syariat dalam bentuk praktik yang diambil dari dalil terperinci’. Sementara secara bahasa makna fikih mencakup semua ajaran agama. Makna ini ditegaskan oleh al-Qur’an dalam penggunaan kata ‘fikih’.

Visi – Misi dan Arah Pendidikan



Visi


Menjadikan Darul Faqih sebagai pesantren unggul yang memiliki daya saing dan daya juang tinggi, untuk melahirkan generasi berkarakter islami, memiliki kesalihan pribadi dan sosial, dan komitmen mendakwahkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin.



Misi


1. Melestarikan nilai al-Qur’an, Sunnah Nabi, dan ajaran para ulama Ahlussunnah Wal-Jama’ah.
2. Mengembangkan pendidikan dan dakwah Islam.
3. Mempersiapkan generasi yang memahami keilmuan agama (tafaqquh fi al-din), berkepribadian islami, memiliki profesionalisme dan integritas.

Arah dan Sasaran Pendidikan


Darul Faqih mengorientasikan santri kepada penguasaan dan praktik ilmu-ilmu dasar dalam Islam, ibadah, dan dakwah, yang mengusung Islam rahmatan lil ‘alamin, berpahamkan Ahlussunnah Wal-Jama’ah dan menjunjung tinggi ukhuwah Islamiyah.



Kegiatan Rutin

Kajian rabu bakdha magrib dan ahad shubuh di pondok Darul Faqih Malang

Read more
perspective phone

Empat Pilar Pendidikan Darul Faqih




Pesantren Terpadu Darul Faqih merupakan pesantren modern bertradisi salaf. Dalam tataran praktis, pendidikannya menggabungkan antara kurikulum pondok modern (khalaf) dan pesantren tradisional (salaf), yang diperkaya dengan visi dan misi Darul Faqih. Pembelajaran dan pendidikan diberikan secara terpadu, berdiri di atas 4 (empat) pilar pendidikan, yaitu pengajaran dasar-dasar agama (Islamic studies), Sain dan Tekhnologi (Academic Program) bahasa internasional Arab dan Inggris (Global Vision Building), serta pembekalan keterampilan (Interpersonal Skill).



graphic

Pengajaran dasar-dasar agama

(Islamic studies)

Pengajaran dasar-dasar agama (Islamic studies) dikemas dalam bentuk Madrasah Diniyah (madin) dan Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ) Plus, menggabungkan antara kurikulum pondok modern dan pesantren salaf, meliputi penguasaan disiplin keilmuan akidah, al-Qur’an (tilawah, tafsir, Ulum al-Qur’an), fikih, dan akhlak.

Sains dan tekhnologi

(academic program)

Sains dan tekhnologi (academic program) menggunakan kurikulum pendidikan nasional, ditambah pratikum di laboratorium, riset di perpustakaan (library research), field trip (wisata rohani, study tour dan rekreasi).

graphic
graphic

Pembelajaran bahasa internasional Arab dan Inggris

(Global Vision Building)

Pembelajaran bahasa internasional Arab dan Inggris (Global Vision Building) menggunakan multimedia, dan mentargetkan penguasaan maharat qiraah (reading competition), maharat sima’ah (listening competition), maharat kitabah (writing competition), maharat kalam (speaking competition).

Pembekalan keterampilan

(Interpersonal Skill)

Pembekalan keterampilan (Interpersonal Skill) spiritual dan konvensional yang ditransformasikan dalam bentuk tahfizh al-Qur’an, doa dan dzikir, pembinaan ibadah, keahlian dakwah multimedia, Tekhnologi Informasi, beberapa ekstrakurikuler, pengelolaan Qur’anic Garden, dan leadership.

graphic

Tahapan Program dan Pembangunan




Dalam prosesnya, Darul Faqih memiliki beberapa tahapan program dan pembangunan, yaitu:



  • 1
    Tahap I (3 tahun pertama):

    Program dan pembangunan pesantren yang terdiri dari 3 (tiga) lantai di atas tanah seluas 179 M2, dengan sarana prasarana yang meliputi aula sekaligus tempat shalat, asrama berkapasitas 100 santri, 2 (dua) ruang luas di lantai 2 dan 3 sebagai tempat belajar dan istirahat santri, perpustakaan, 4 kamar mandi di lantai satu (aula utama), 8 kamar mandi di lantai dua, 8 kamar kamar mandi di lantai tiga, tempat cuci dan jemur pakaian, dan pemanfaatan atap sebagai fasilitas out door. Pembangunan tahap ini ditargetkan selesai maksimal selama 1 (satu) tahun, sehingga program pendidikan Tahap I (3 tahun pertama) ini dapat segera berjalan.



  • 2
    Tahap II (3 tahun kedua):

    Program dan pembangunan sarana prasarana Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam, meliputi 7 ruang untuk lokal-lokal kelas dan sarana prasarananya, kantor kepala sekolah dan guru, laboratorium, perpustakaan, dan gudang.

  • 3
    Tahap III (3 tahun ketiga dan seterusnya):

    Program dan pembangunan sarana prasarana Sekolah Menengah Atas (SMA), meliputi 7 ruang untuk lokal kelas dan sarana prasarananya, kantor kepala sekolah dan guru, laboratorium, pengayaan koleksi perpustakaan, serta cottage keluarga Sakinah Mawaddah wa Rahmah.

iphone

Keunggulan Pendidikan Pesantren Darul Faqih





<
<

Program-Program Unggulan

Madrasah Diniyah Awaliyah Wustho

Penguasaan dan pengamalan ilmu-ilmu yang terkandung dalam Hadits Jibril, yaitu Iman, Islam, dan Ihsan. Ketiga cakupan ilmu tersebut dikaji dalam disiplin-disiplin ilmu yang menginduk pada 3 (tiga) hal yaitu ilmu yang dapat membuat akidah seseorang benar (al-‘ilm al-ladzi yushahhih al-‘aqidah), ilmu yang membuat ibadah seseorang sah (al-‘ilm al-ladzi yushahhih al-‘ibadah), ilmu yang membuat pekerti dan perilaku seseorang mulia (al-‘ilm al-ladzi yushahhih al-suluk).

Pendidikan Persiapan Studi di Negeri Arab

Tiga tahun pertama pendidikan di Darul Faqih memfokuskan diri pada penguasaan santri terhadap dasar-dasar keilmuan Islam. Tiga tahun kedua pendidikan di Darul Faqih memfokuskan diri bagi santri yang berminat untuk melanjutkan studi di Timur Tengah, terutama Yaman untuk tahap pertama. Darul Faqih bertugas menyiapkan para calon pelajar atau mahasiswa sekaligus membuka jalur-jalur pendidikan di luar negeri itu, untuk mengisi ceruk kekosongan belum – atau sedikitnya pesantren, yang memfokuskan diri untuk menyiapkan santri yang berminat melanjutkan studinya di negeri Arab, negeri sumber ajaran agama Islam. Namun bagi santri yang tidak melanjutkan pendidikannya ke negeri Arab, pendidikan di Darul Faqih secara otomatis diharapkan dapat pula menjadikan mereka generasi yang siap berkiprah di tengah masyarakat.

Tahfizh al-Qur’an

Meskipun Pesantren Terpadu Darul Faqih tidak mengkhususkan diri sebagai pesantren tahfidzul Quran, namun untuk menjaga perilaku dan qolbun salim (hati yang sehat), setiap santri akan dibimbing untuk menghafalkan al- Quran dengan metode One Day Three Lines (ODTL). Dalam bahasa aplikatif, santri akan dibimbing untuk meghafalkan al-Quran tiga baris dalam setiap hari yang telah ditentukan. Metode ODTL akan dikhusushkan dengan menggunakan Mushaf Rasm Utsmani sebagai acuan pengaplikasian dan pencapaian. Dengan metode One Day Three Lines ini diharapkan santri akan tetap nyaman serta tidak merasa terbebani dengan berbagai aktifitas belajar yang lain, baik di pesantren maupun di sekolah. Dengan menggunakan metode ini, dalam satu semester santri dapat menghafalkan satu juz al-Qur’an. Dengan asumsi masa pendidikan di Darul Faqih selama 6 tahun (12 semester), maka santri Darul Faqih telah memiliki bekal hafal al- Qur’an sebanyak 12 juz.

Pesantren Akhir Pekan (Sabtu & Ahad)

Program ini menjadi weekend camping bagi peserta dari luar pesantren Darul Faqih dan micro teaching bagi para santri Darul Faqih yang bertindak sebagai fasilitator. Agenda pesantren akhir pekan ini meliputi program “24 Jam Bersama Sunnah Nabi” (2 kali dalam 1 semester), Pembelajaran Intensif Bahasa Arab (2 Kali dalam 1 Semester), dan Pendidikan Kader Aswaja (2 Kali dalam 1 Semester).

Griya Sakinah Mawaddah wa Rahmah

Program ini adalah perpaduan antara studi dan wisata, menyasar keluarga yang menginginkan belajar bersama tentang masalah-masalah kekeluargaan dan membaca bersama dzikir Keluarga Sakinah. Darul Faqih menyediakan bangunan cottage keluarga (pada Tahap III pembangunan) dan kurikulum kajian yang disampaikan dengan perangkat multimedia.

Jl. Kalijaga, Pandanlandung, Wagir, Malang, Jawa Timur 65158